Kamis, 02 Mei 2013

Stop Saying I Hope, Start to Say I Will


Berapa banyak gua sering berkata seperti ini dalam hidup gua..

Semoga gua begini begini.. 
Semoga nanti begini begini..
Semoga dapet ini ini..
Semoga hasilnya seperti ini...

Mungkin sudah beratus-ratus kali gua sering begitu.
Ya namanya juga manusia, baru bisa dibilang hidup kalau dia punya pengharapan.
Kalau gua ga punya pengharapan dalam hidup, maka gua layak dibilang hidup seperti zombie!
Mati tapi gak mati, hidup tapi gak hidup. Punya raga tapi tak ada jiwa. Itulah orang hopeless!




Berharap itu gak salah. Sangat sangat legal!! Yang salah itu kalau kebanyakan ngarepnya tapi gak diseimbangkan dengan action. Karena akan lebih indah, seseorang yang penuh dengan pengharapan, diimbangi dengan tindakan yang nyata.

No Action, Talk Only = You Got Nothing



Ada ilustrasi yang bagus untuk hal ini..

Ada sekelompok kura-kura yg lagi punya planning untuk pergi tamasya. Tapi yg namanya kura-kura itu  pasti serba lelet, ga percaya? Coba liatin kura-kura nyebrang lampu merah, mungkin bulan depan baru sampe ke seberang, LOL.

Balik ke ilustrasi, sekelompok kura-kura itu pun mempersiapkan rencana holiday mereka itu selama 7 tahun,. Lama yah.. Dan tibalah hari yg ditunggu-tunggu itu, pergi tamasyalah mereka.

Kesana kemari kayak Ayu Ting Ting, merekapun mencari tempat yang cocok buat tamasya, sepanjang  2 tahun. Selama satu tahun mereka bersihin tempat itu dan membongkar bekal-bekal piknik mereka. Buset, kabayang yah, mau tamasya aja segitu lama prosesnya, gimana kalau holiday ke luar negeri yah?!? *gagal fokus*

Pas lagi mempersiapkan acara piknik, merekapun tersadar bahwa mereka lupa membawa garam. Mereka shock, keringat dingin, dan tidak sedikit dari mereka yg jatuh pingsan.



Piknik tanpa membawa garam?? Ini bisa jadi malapetaka, pikir mereka.

Setelah melakukan musyawarah dan voting peserta tamasya, maka mereka mengutus salah satu kura-kura untuk kembali kerumah dan mengambil garam. Yang terpilih adalah kura-kura tercepat diantara kura-kura lainnya. The Best Running Turtle.

Tapi kura-kura yg terpilih itu ogah disuru balik, dia pun protes dan melakukan aksi demo dihadapan peserta tamasya. Karena terus didesak, akhirnya kura-kura itu menyetujui keputusan bersama tersebut, dengan syarat bahwa gak ada satupun dari mereka yg boleh makan sebelum dia balik membawa garamnya. Mereka semuapun melakukan dealing dengan kura-kura tersebut.


3 tahun berlalu.. lima tahun berlalu.. enam tahun berlalu.. 7 tahun berlalu.. dan kura-kura yg disuru itu tidak kelihatan sedikitpun cangkangnya. Seorang kura-kura yg udah kakek-kakek, kelaparan bukan main dan hampir mati. Ia mengajak kura-kura lainnya untuk membuka bekal yg mereka bawa dan mulai memakan bawaan mereka itu.

Pada saat yg bersamaan, tiba-tiba muncullah si kura-kura ninjaaa!!! Eh.. kura-kura cepat!! Kura-kura yg ditunggu-tunggu itu muncul dari balik pohon yg tidak jauh dari lokasi tamasya. Dengan lantang dan marah, dia berteriak :

"Tuh kan!! Udah gua duga, kalian pasti ga sabar nungguin gua! Kalau gini caranya, gua ogah ambil garam!!"

What the?!!??
Ngeselin yah cerita ini? Banget!!! 

Ilustrasi ini mengingatkan gua pada hal-hal yg sering tanpa disadari gua lakukan. Nunggu, berharap, nunggu, berharap, tanpa melakukan sesuatu.

Nunggu orang bersikap seperti ini..
Nunggu akan ada keajaiban yg turun dari langit..
Nunggu sampai keberuntungan memihak kita..
Nunggu.. nunggu.. dan nunggu..

Sadarkah, berapa banyak waktu yg terbuang sia-sia dengan hanya berpangku tangan dan menunggu?

Stop Complain, Start Showing!
Berhenti menunggu dia berbuat baik sama kita, mulai dari kita kasih contoh gimana cara berbuat baik.

Stop Talking To Much, Start Do More!
Berhenti bicarakan hal-hal apa yg mau kita lakukan, mulailah merealisasikannya dalam bentuk yg nyata.


Stop Always Promise, Start to Prove It!
Berhenti berjanji ini itu, mulailah dengan mengenapi janji yg masih terhutang.


And finally is..

Stop Saying I Hope, Start to Say I Will
Berhenti hanya bilang "saya berharap" dan mulailah dengan berkata "saya akan"
Tapi tentunya ga sekedar ngomong, tapi dilakukan..


Always Happy :)


Cheers,
Jenny Jo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar