Sabtu, 13 April 2013

Fail to Find

Bulan Desember yg lalu gua ngeliat account twitter @merryriana bahwa telah dibuka lowongan kerja yg amat sangat teramat menarik perhatian gua, karena itu gua memutuskan untuk melamar.

Ini kali keduanya gua coba lamar di PT Merry Riana Indonesia (MRI), pertama gua coba lamar saat lowongan Business Development Officer dibuka. Uniknya lamar di MRI, ga kayak ngelamar kerjaan di Perusahaan lainnya loh. Biasanya kalau kita kirim lamaran kan tinggal tunggu telepon dari Perusahaan yg bersangkutan untuk panggilan interview selanjutnya. Nah ternyata di MRI, yg ngelamar itu ratusan orang, dan diberlakukan sistem seleksi beberapa tahap sampai tinggal beberapa kandidat terpilih yg akan diundang untuk interview berjamaah. Karena itu hal yg hak biasa, jadi setelah kirim email lamaran, gua pun ga pantengin email lagi. Alhasil gua pun gak tau kalo kepilih jadi 100 kandidat yg lolos seleksi tahap 2, karena kabarnya diberitahu lewat email. Dan gua udah terlambat reply email dari Admin MRI, kesempatan pertama pun terlewatkan.

Lalu hadirlah kesempatan kedua, dimana MRI membuka lowongan lagi, dengan job desk yg lebih menggigit gairah gua untuk melamar, lowongan itu adalah Executive Writer. Gua pun mengirim email lamaran kerja dan berharap akan kepilih lagi 100 besar, and itu terwujud!! Yeahhhhh...

Pas tanggal 30 Desember,di Pascal Hypersquare, Bandung, gua diajak Retha Gemblong untuk ke sebuah kolam. Menurut penuturannya sih, disana ada patung orang yg memegang sebuah ring, dan barangsiapa yg berhasil melemparkan koin ke dalam ring dipatung tersebut, maka kita bisa memohon sebuah keinginan.

Pertama-tama gua liatin cara si Gemblong lempar koin. Sekali lempar, dua kali lempar dan tiga kali lempar, akhirnya ada yg masuk juga setelah berkeringat seember (biar mendramatisir), dan segeralah dia melipat tangan, menutup mata, kayak orang lagi doa makan.

Oh gitu toh caranya.. I see.. I see.. Kata gua dalam hati. Gua pun ngikutin ritual yg sama, persis kayak yg telah dia contohkan. Pas berhasil lempar koin, segera gua tutup mata dan melipat tangan didepan kolam itu sambil berharap sebuah keinginan..

"Mmm... Apa yah? Moga yg terbaik terjadi deh.. Eh, ga spesifik amat ini doa, ga deh ga deh, ga jadi.. Mmmm... Semogaaa.. Apa yah??? Ahhh.. Semoga gua diterima kerja di Merry Riana aja, Amin!"

Begitu gua buka mata, si Gemblong uda cekikan ketawain gua, sambil bilang..
"Lu doa apaan sih? lama amat lu berdoa, sampe diliatin orang-orang, lu berdoa sama patung"
"Ye, lu kan nyontohinnya begitu, jadi gua ikutin"
"Ia tapi gua kan ga lama-lama kaya lu, wakakakakka"

Bikin malu sumpah, pingin rasanya gua tenggelamkan muka dibalik ketiak rapat-rapat, biar orang gak ngapalin wajah gua, LOL.
Ya namanya juga belom siap sedia, jadi bingung mau mohon apa. Untungnya sih Tuhan kaga murka yah, karena baru saja gua menghianatiNya, gara-gara mulai berharap sama patung.

Tanggal 21 Januari, gua mendapat email balesan dari MRI, yg mengabarkan kalau gua kepilih dari 300 pelamar lainnya, untuk menjadi 100 kandidat yg masuk seleksi tahap 2. Yayyy.. Senangnya! Tapiii... Ada PR yg harus segera gua kerjakan, yaitu gua harus segera menjawab beberapa pertanyaan yg diajukan MRI melalui email dengan menggunakan 60-100 kata untuk jawaban dari setiap pertanyaan. Dengan sesegera mungkin, gua membalas email beserta PR nya itu.

Belajar dari pengalaman yg sudah ada, tiap hari gua pantengin email dan ngecek semoga ada email baru dari MRI yg masuk. Tanggal 27 Januari, gua girang setengah mati setelah dapet email, bahwa gua kepilih menjadi 20 kandidat yg masuk seleksi tahap 3, dan diundang interview berjamaah (sekaligus sama 19 kandidat lainnya) di tempat yg ditentukan.

Di hari H, ternyata yg dateng interview cuma 12 orang.
Syukurlah, saingan gua berkurang, fufufu.. *elus elus dada* 
Interview diawali dengan selembar kertas yg kudu, wajib, harus kita isi sebagai tes psikotes. Begitu teng go, sesuai jam yg ditentukan, interview pun dimulai, dan itu kali pertamanya gua liat Merry Riana sama Pak Alva secara live tanpa jeda iklan pop mie, indomie, sarimie (kenapa mesti semuanya mie?!? #efeklaper).

Pertama-tama kita disuruh memperkenalkan diri masing-masing dan beritahu prestasi membanggakan yg pernah kita capai. Gua dapet urutan orang kedua terakhir, jadi gua sangat menikmati betul rasa ketar ketir, jiper dan minder ga karuan, pas dengerin pesaing-pesaing lainnya bercerita.
Dengerin mereka cerita satu persatu, gua jadi kalut, karna mereka punya jam terbang lebih tinggi daripada gua, dibidang jurnalistik. Ada yg kerja di TV, ada yg kerja di majalah, ada yg uda bikin 2 novel, ada yg bikin buku tesis dan dipublish di Jerman, dan sebagainya dan sebagainya, yg sukses bikin gua nelen ludah, sesek napas bahkan mau pingsan.
Yokie Emoticons 78

"Gak boleh minder!! Gak boleh minder Jo!! Semangat!!! Cemungud eak kakakz *gaya alay jaman kini*" kata roh gua yg ternyata uda terbang keluar dan lagi nyemangatin raga gua yg lagi cengok, melongo dengerin cerita prestasi masing-masing kandidat.
And you know what, yg makin bikin gua ciut adalah tak ada satupun dari mereka yg luput membawa bukti nyata karya mereka dalam bentuk print out, terkecuali gua. Ahhhh gila, ini mah gua udah pasti gagal. Mau gua bilang pernah menang lomba nulis kek, mau gua bilang doyan nulis di blog kek, mau gua bilang sering buat artikel di media online kek, mana ngepek kalau ga ada bukti. Mati gaya!!

Gua mana ada kepikiran sampe harus kasi liat print out hasil karya. Emang sih beberapa hari sebelum interview, gua sempet searching tulisan gua yg pernah dimuat di media portal game, tapi berhubung itu postingan uda lama banget, jadi content nya pun udah diapus semua. Sedangkan artikel lainnya yg pernah dimuat dimajalah komunitas gua, uda hanyut kena banjir, hiks Yokie Emoticons 45 Tak ada harapan!!

Untunglah gua bisa bernafas lega, setelah mendapat PR tambahan dari Pak Alva. Tugasnya adalah, kita disuruh buat rangkuman tulisan tentang pengalaman Merry Riana yg akan diceritakannya nanti. Yess, gua masih punya harapan! Setidaknya penilaian gak akan bersifat subjektif, dan masih bisa berharap agar tulisan gua nanti, bisa membawa gua untuk terpilih dipekerjaan ini. 

Pertanyaan terakhir yg ditanyakan oleh Merry Riana dan Pak Alva, yg kudu, wajib, harus dijawab sama semua kandidat interview adalah sebuah pertanyaan yg simple, yaitu kita harus menjelaskan mengapa MRI harus memilih kita?

Udah pasti kalau ditanya mengapa, kami para kandidat berangkat dari alasan utama yg sama, yaitu ingin ada dibawah bimbingan seorang motivator penuh inspiratif, seperti Merry Riana. Tapi untuk alasan spesifik gua sendiri, adalah ini.. 

"Saya mengawali mimpi saya pada sebuah buku diary SMP, yaitu ingin menjadi seorang penulis. Karena itulah saya mulai menulis, dan bahkan bersikeras untuk minta dikuliahkan di jurusan jurnalistik, dimana saya harus berdebat dulu dengan ayah, yg menyuruh saya untuk mengambil jurusan akuntansi. Ayah sayalah orang pertama yg melarang saya mengambil jurusan itu, tapi dia juga yg pada akhirnya mengantarkan saya untuk membeli formulir di Fakultas yg saya inginkan. Oleh sebab itu, saya merasa berhutang pada beliau, dan berjanji pada diri sendiri bahwa apa yg telah saya perjuangkan dihadapan beliau tidak akan saya sia-siakan. Saya akan berusaha untuk bekerja dibidang yg saya pilih. Selain itu, saya juga memiliki mimpi untuk membuat sebuah buku. Saya pun tidak mau sembarang menulis, karena saya berharap tulisan saya nantinya dapat bermanfaat dan memotivasi banyak orang, itulah sebabnya saya melamar di MRI. Karena saya percaya bahwa, kalau kita ingin menjadi seorang penari profesional maka kita harus belajar dari seorang yg profesional (perumpamaan aja). Saya percaya, Ibu Merry Riana akan menjadi mentor yg tepat buat saya."


to be continue.. 




1 komentar: