Ingat status itu, status waktu beberapa minggu yang lalu gw masi tengokin oma

Dan dia masih sehat-sehat saja, masi ngobrol sama gua, masi jalan-jalan kesana kemari, masi bisa suru sepupu gw buat beli pulsa esianya.. Walau uda tua, gak gaptek dia, eksis bener pake handphone.. Omigottt...

Setiap bulan gw emang suka sisihin uang gw buat kasi oma, ya walau gak seberapa, lumayan kan buat simpenin dia kalau sewaktu-waktu mau jajan (jajan???)

Masi inget banget, waktu gw tengokin dia, dia ada bilang gini..

Oma : uda la, gak usa kasi lagi.. Kasian jen masi banyak kebutuhan, masi mau kasi saya..

Si oma itu gak fasih ngomong bahasa indonesia, dy uda keseringan ngomong bahasa "dewa" (daerah) makanya, sekalinya ngomong bahasa indo tuh lucu banget karena gak tepat..

Oma : kk mandi lama.. tangga jam (setengah jam)

*tangga???

Waktu kecil, dan tiap kali dia nginep dirumah gw.. Setiap sore, dia pasti teriakin dr teras rumah nyari-nyariin gw, yg lagi main dirumah tetangga..

Oma : nyyyyyyy... (nama belakang) pulanggg pulangg, mandi dulu, makan dulu..

Waktu lagi bosen dirumah, oma~lah yg pertama kalinya ajarin gw main kartu remi.. Dari yg gw gak bisa main, sampe gw yg jago main dan selalu ngalahin oma..

Kalau lagi ngobrol di sofa, kadang gw suka banget megang-megang tangan oma. Yg kulitnya uda kendur, jadi kan lembek-lembek gitu.. Tau kan?? Ia, suka gw toenggg toenginnn.. (apakah sih bahasa gw -,-) maksudnya, di towel towel.. Ntar tua, pasti kulit gw jadi kayak gitu juga..

Well..
Tidak banyak hal yg gw inget sih, secara oma tinggalnya bareng paman, bukan bareng gw.. Jadi sesekali aja dy kadang nginep.. Tapi kalau dibilang gak sedih saat dia harus pergi untuk selamanya?? Bohong, kalau gak sedih!!

Oma uda gak ada, nyusul opa :'(

Terjadinya begitu singkat aja..

Dari hari kamis gw pulang kantor, dan nyokap uda sembap matanya dan bilang kalau oma lagi koma.. Gw mau ikut ke rumah sakit, tapi sayang mobil gak muat.. Jadi gw dirumah aja, sambil was-was.. Akhirnya malam itu gw sangat amat tidak tenang hati.. Dan pas gw akhirnya bisa tidur, tiba-tiba sekitar jam setengah 4 pagi itu gw kebangun.. Biasa kan kalau kebangun, agak masi sayu-sayu gitu matanya.. Tapi ini, langsung melek dan langsung seger.. Dan dengan keadaan mata melek tiba-tiba, gak lama handphone bokap bunyi, dan bokap keluar kamar dengan suara gaduh..

Waaa, perasaan gw makin gak enak. Tapi gw ga berani tanya ke bokap.. Gw takut dapet kabar buruk.. Jadi gw memutuskan untuk kembali merem, dan berharap kebangun tadi itu, masih bagian dalam mimpi. Waktu pagi-pagi gw bangun lagi dan udah ambil anduk mau ke kamar mandi. Gw liat lampu kamar cc gw tuh masi nyala, heran.. kok nih anak gak ke kantor.. Gw langsung ke kamarnya, dan tanya : "Woi, bolos yah lu??"

cc : "Gw ga masuk, uda tau lom oma uda meninggal?"

*zinggggggg~ shock.. nangisss...


Cepet bangetttt.. Oma uda tenang di alamnya yg baru, nirwana baru nya.. Gw iklas, semua keluarga juga uda iklasin.. Pasti berat, tapi gw percaya ini emang udah jalanNya..

Makasi buat semuanya yg udah ngucapin turut berduka.. Thx juga buat doa-doanya ke oma..




“You can shed tears that she is gone,
or you can smile because she has lived.
You can close your eyes and pray that she'll come back,
or you can open your eyes and see all she's left.
Your heart can be empty because you can't see her,
or you can be full of the love you shared.
You can turn your back on tomorrow and live yesterday,
or you can be happy for tomorrow because of yesterday.
You can remember her only that she is gone,
or you can cherish her memory and let it live on.
You can cry and close your mind,
be empty and turn your back.
Or you can do what she'd want:
smile, open your eyes, love and go on.”

Rest in Peace My Beloved Grandmother..