Sabtu, 24 Desember 2011

Incredible Mom

Kemaren ene, pas bangun pagi (siang), seperti biasanya gua langsung ngecek bb walau mata masi merem melek, persis ayam teler mabok dedak. Alis naik turun kaya lift di emol emol, jidat berkerut, begitu baca update status semua bertuliskan "Happy Mother's Day", ada apa ini? Apa temen-temen gua lagi pada janjian bikin status yang sama? Ya, anggap aja gua lagi so so stupid, karna ga nyadar..

Sorenya waktu lagi kelayapan (biar disangka anak gaul) sama temen gua, dan ngalor ngidul sampe ngebahas kue onde. Di hari itu, tanggal 22 Desember 2011, untuk pertama kalinya gua baru tau bahwa fenomena tradisi makan kue onde warna warni itu bertepatan dengan perayaan hari ibu.

Begitu pulang kerumah, bukannya peluk mamak cipika cipiki, cium tangan, haha hihi, tapi gua langsung protes sama mamak...

Gua : "Makkkkkkk, masa orang-orang pada makan kue onde. Kita enggak?!?"

Untung, langit lagi ga mendung, jadi pasti petir pun lagi ngaso.. Kalau gak, mungkin gua uda ada di  Pantai Air Manis, Padang, Sumatera Barat, jadi batu kedua malin kundang part 2, gara-gara kualat..

Mamak : "Hah? emang hari ini yah makannya?"

Yeahhhh, ternyata bukan gua doang yg gak nyadar, klo hari onde eh hari makan kue onde itu hari ini, tapi mamak ku juga..

Mamak : "Ia deh, mamak buat sekarang, sebentar juga jadi.."
*cringggg~mamak menyilangkan kedua tangannya, mengepitnya diantara ketek, lalu menghilang begitu saja..*

Hei, sodara-sodara sekalian, semua, sebangsa, setanah air, seantero bloger, jangan pada iri yah, kalau mamak ku itu besanannya Jin dan Jun.. hihihihi...


cekatan

Dengan bangga dan PD setinggi tower PLN, gua akan memperkenalkan mamak ku kepada kalian.. Mamak yang luar biasaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa............ (isi sendiri)

Mamak ku yangggggg...

polos

Mungkin si mamak gak mau kalah gaul sama Ibu-ibu tetangga, jadi tuh dia memperluas kosakata bahasanya sehari-hari, tapi yang lucu dia suka asbut (asal sebut), sampe pada akhirnya bukan bikin efek keren tapi jadi bikin efek ngelawak..

Contoh :
*ceritanya lagi bahas soal roda kehidupan manusia*

Gua : ia ma, kan kata orang (biar ga di salahin, klo bilang kata gua) kehidupan manusia itu kaya roda, kadang di atas kadang di bawah..
Mamak : ia lah, kan tiap orang pasti ada pasang sudutnya.. 
Gua : heh?? pasang sudut?? *berfikir keras*
Mamak : kalau hari ini bisa kaya banget, besok-besok bisa miskin, miskin bangettt, namanya pasang sudut..
Gua : hah?!? !#%$^%&^*&^%$%$
Dalam hati : sudut = pojok, pasang sudut = pasang pojok? halah~
Mamak : pasang sudut, masa ga ngerti sih..
Gua : *berfikir lebih keras, lebih giat*
Oooooooo...  Pasang surut, maksud mama???????? Apaan dari tadi pasang sudut, pasang sudut, bikin bingung aja, ternyata pasang surutttttttttt... zzzzzzzzz

Dalam hati : emang sih gua belum jadi sarjana, tapi bukan berarti gua bego kan, ga ngerti yg mamak maksud, padahal mamak yg sala ngomong T,T huwhuwhuw..

SKSD
Siapapun Kamu Siap-siap Ditanyain

Suatu hari abis shopping ber4, gua, temen gua, si tengah, dan si mamak pulang naik bajaj. Sue nya karna badan gua yang paling langsing dan fleksibel ini, gua disempilin di atas paha si tengah alias dipangku. Lah lu tau kan atap bajaj setinggi apa?!? Alhasil sepanjang jalan gua nunduk tiap ada gajrukan, biar pala gua gak kaya candi borobudur.. Supir bajaj, kayanya punya obsesi terpendam jadi pembalap F1 nih, nyelip sana nyelip sini, main banting setir 3 inci sebelum nubruk apapun, nubruk motorlah, nubruk truklah, nubruk mobil lah, atau nubruk gerobak siomay yang melototin tuh abang bajaj.. Posisi gua ini posisi paling gak enak nih, secara kalo beneran sukses nubruk sesuatu, gua pasti orang pertama yang bakal sukses mental duluan kaya uipil disentil dari jari, tuingggggggg~ cipok kaca.. 3 Orang lainnya, gak bakalan mental, knapa? Karena pasti badan mereka ketahan sama besi pemisah bangku supir dan bangku penumpang.. Seharusnya gua ketahan sama badan abang supir kan? Karena posisi dia ada di depan gua, oh yes!! But u wrong, karena tuh abang duduknya miring ke samping kanan (ambeyen mungkin), jadi sekali lagi posisi gua nih uda pas banget buat cipok kaca kalau tuh bajaj keseruduk.

Pas bajaj berhenti karna lampu merah.. Gua langsung protes..

Gua : bang pelan-pelan bang..
Abjay (abang bajaj) : ia neng, tenang aje neng..

Dalam hati : pantat lo ambeyen, tenang tenang. Emang sih emak gua nawarnya sadis, tapi 30 ribu pake selamat sampe tujuan kali bang, bukan selamat sampe liang kubur..


Gua : Busettt deh, jantungan nih bang.. Dari tadi uda dag dig dug dag dig dug, bentar lagi copot deh..
Abjay : siapa yg jantungan neng? masa masi muda uda jantungan sih..

Ya coba aje lo suru ibu-ibu hamil naik bajaj lo, tarohan sama gua yuk, pasti itu ibu ibu langsung beranak dalam bajaj.

alarm SKSD nya si mamak tiba-tiba bunyi..
Mamak : Wah bang, kamu hebat juga bawa bajaj nya, bisa jadi pembalap nih bang..

Kayaknya nyampe rumah, gua kudu bantingin celengan ayam gua nih, buat bayarin si mamak kursus menyindir yang baik dan tepat..

Abjay : Ah si ibu bisa aja, hahahahha..
Mamak : Udah lama yah bang narik bajaj?
Abjay : Ia, lumayan lah bu, udah setahunan..


Gua langsung bisik-bisik sama si tengah..

Gua : ceh, kalo nih abang bajaj bilang baru sebulan naik bajaj, sumpah gua langsung turun disini juga..
Ceceh : ya eyalah lu turun disini, orang uda deket... Si mamak, nawar 30 ribu plus pujian..


*Gua & Ceceh cekikikan*

Ya elah, ini bukan kali pertamanya si mamak SKSD, sama orang-orang lain juga gitu. Aturan cuma mau beli benang jahit nih, bisa jadi si mamak tanya dulu bagaimana si penjual benang mendapatkan benang, lalu bagaimana ceritanya sampe-sampe si penjual mau menjual benang, bagaimana ceritanya si benang mau di jual sama si penjual, halah~ bisa satu jam gak balik-balik gara-gara ngobrol ngalor ngidul.. Gua rasa, ni mamak gua cocok deh jadi Menteri Ilmu Keingintahuan Republik Mamaknia, karena sifatnya yang kepingin tau apa saja tsb.

humoris
Mamak lagi iseng bikin kue bolu.. Ventilasi jendela dapur rumah gua itu, langsung menuju halaman rumah tetangga gua yang posisinya persis di belakang rumah.. Tapi emang dasar tetangga gua itu punya penciuman yg sangat tajem.. Tiap kali tetangga gua cium aroma-aroma yg asalnya dari rumah gua, dia pasti langsung teriak dibalik tembok..

"Lagi buat apa jengg??? Wangi amat.. kirim kesini dong..."

Kata si mamak dalam hati : mau tau aja.. celamitan deh lu..

Coba adegannya begini :

Gua yang lagi bikin kue (tokai) di dapur (jamban), lalu aroma kue gua itu kecium ke tetangga, dan tetangga bilang :  Lagi buat apa jengg??? Wangi amat.. kirim kesini dong... 
Pasti langsung gua sautin : Dengan senang hati jengggggg, di tunggu yah kue nyaaaaa, belum jadi nihhhhh, dikit lagiiiiiii, hegggg..
*nerusin ngeden, plung~*

ehem,,, oke, back to topic..

Nah, si mamak itu kehabisan kertas kue buat alas tatakan kue bolunya. Jadi dia ngacir ke warung untuk membeli kertas kue lagi. Eh pas di warung, si mamak yg kebetulan uda nenteng segulung kertas kue, papasan sama tetangga belakang rumah kita, dan timbullah percayapan konyol ini..

Tetangga : buat bikin apaan itu jeng?!?
si Mamak dengan tampang yg sangat cool, nyaut : buat bikin layangan!!

Muahhhhahahahahhahaha~ Sejak kapan layangan di buat pake kertas kue?? Dan sejak kapan ngebuat layangan bikinnya pake tepuk tapioka, gula, mentega, dan telur?!?

Well.. dibalik sifat aladin bin ajaib nya si mamak. Mamak itu emang sosok yang paling kuat di keluarga gua ini. Di saat smua anaknya molor di kasur dan merangkai sejuta iler di bantal, si mamak lah orang pertama yg bangun pagi untuk berdoa buat keluarganya loh.. Dari mana gua tau? gua sering intip dia berdoa, mulutnya komat kamit ga berhenti.. Dan dari dialah, gua banyak belajar banyak hal, dari soal kesabaran, keiklasan, beriman, pantang menyerah. Pokoknya banyak deh yg uda mamak kasi ke gua dan juga keluarga kita. Jangan iri yah, mamak yg keren itu, mamak gua, bukan mamak lu..

Love u mom..

Maaf, kalo beta masih suka khilaf gak nurutin apa yg mamak suru ke beta, seperti isiin mamak pulsa, waktu mamak lagi ada urusan di kantor polisi T,T

xoxo













2 komentar:

  1. =__-, enak yah kayanya, foto si mamak pajang donk :) pingin liat :p

    BalasHapus
  2. @java : ga ah, mamak ku lom siap kebanjiran fans :p

    BalasHapus